INGIN MENJADI AVSEC PENERBANGAN? INI SYARAT YANG HARUS DISIAPKAN

Syarat Menjadi AVSEC – Untuk menjadi seorang petugas airlines staff penerbangan kita harus mengikuti pendidikan & pelatihan khusus staff penerbangan. Dengan kita mengikuti pelatihan ini kita akan lebih fokus bidang apa yang kita inginkan.

Dalam pelatihan ini juga kalian akan memilih program pendidikan apa yang disukai. Program pendidikan yang disediakan diantaranya, Staff Penerbangan, AVSEC ( Aviation Security) & Pramugari.

Kali ini kita akan membahas apa saja syarat untuk menjadi AVSEC Bandara. Tapi sebelum itu kitakan memberikan penjelasan tentang AVSEC & Tugas – tugasnya. Okee, Langsung saja kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian AVSEC

Syarat Menjadi AVSEC

Syarat Menjadi AVSEC

Pengertian AVSEC (Aviation Security) adalah petugas keamanan yang ada di bandara yang memiliki tugas menjaga dan menjamin keselamatan para pengguna jasa penerbangan. Seorang AVSEC ini sudah memiliki lisensi yang diberi tugas dan tanggung jawab dan sudah ada dalam “Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor:SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9”.

Petugas Keamanan Penerbangan (Avsec) ini sudah memiliki kewenangan untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara karna sudah ada dalam lisensi.

Syarat Menjadi AVSEC

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pria (AVSEC) & PKP-PK) / Wanita (Khusus AVSEC)
  3. Berusia Maksimal 28 tahun
  4. Lulusan minimal SLTA / Sederajat
  5. Belum Menikah
  6. Sehat Jasmani & Rohani
  7. Tinggi Badan
    – Pria Minimal 170 cm (berat badan proporsional)
    – Wanita 165 cm (berat badan proporsional)
  8. Tidak bertatto, berkacamata dan buta warna
  9. Bebas dari Narkoba
  10. Untuk PKP-PK diutamakan mempunyai SIM A/B
  11. Bersedia ditempatkan di seluruh Bandara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I (persero)

Sekolah Pramugari PSPP PENERBANGAN ( Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari )

Program PSPP Penerbangan

Program PSPP Penerbangan

Profil PSPP Penerbangan

Merupakan sebuah badan usaha yang mendidik dan melatih SDM yang siap kerja sebagai calon karyawan di maskapai penerbangan swasta dan BUMN, perusahaan Ground Handling, airport service, tour & travel serta bisa bekerja juga di kantor – kantor yang relevan baik skala nasional maupun internasional diberbagai kota di Indonesia.

PSPP Penerbagnan sudah berdiri Sejak 01 Maret 2010 sampai Saat Ini Kampus PSPP Penerbangan Telah Memiliki 4 Kampus Cabang Yang Tersebar di Berbagai Kota Yang Ada di Indonesia diantaranya, Lampung, Jakarta, Jogja, Makassar dan Alamat PSPP Penerbangan

Program Pendidikan PSPP Penerbangan

  1. Pramugari

Pramugari adalah awak kabin pesawat  yang melayani kebutuhan dan menjaga keselamatan para penumpangnya selama dalam penerbangan. Program pendidikan untuk prodi Pramugari dilakasanakan selama 4 bulan teori kelas dan 2 bulan On the Job Training/PKL di Bandara. Selama pendidikan, prodi Pramugari akan dibekali mengenai dasar-dasar bagaimana menjadi pramugari yang profesional, terampil dan mempunyai pelayanan yang  prima.

  1. AVSEC (Aviation Security)

AVSEC adalah Petugas  Keamanan Penerbangan yang telah memiliki lisensi atau surat kecakapan personal (SKP) yang diberi tugas untuk menjadin dan menjaga keselamatan penumpang di bandara.

  1. Staff Penerbangan

Staff Penerbangan adalah karyawan yang bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat, baik itu pelayanan sebelum keberangkatan maupun pelayanan pada saat kedatangan. Pendidikan Staff Penerbangan ini dilaksanakan selama 4 bulan teori kelas dan 2 bulan On the Job Training/ PKL di bandara.

Cara Pendaftaran Di PSPP Penerbangan

Sesuai Dengan Kebijakan Menejemen Sekolah Penerbangan (PSPP) Bagi Calon Siswa Yang Ingin Melakukan Pendaftaran Bisa Dilakukan Dengan Cara Online, Lengkah Langkahnya Sebagai Berikut:

1. Mengisi Formulir Pendaftaran Online.

2. Setelah Mengisi Formulir Pendaftaran, Calon Siswa Akan Mendapatkan username & password Untuk Login Tes Online Berikutnya.

3. Upload Berkas Pendaftaran Yang Dibutuhkan:

  • Foto Setengah Badan.
  • Foto Full Badan.
  • Surat Keterangan Sehat Dari Dokter.
  • Fotocopy KTP / KTP Sementara.
  • Fotocopy Raport / Ijazah Terakhir.

4. Transfer Biaya Pendaftaran IDR300.000,-

5. Segala Bentuk Pembayaran PSPP Dianggap SAH Hanya Apabila Melalui Transfer ke Rekening Resmi:

  • Atas Nama PSPP Penerbangan.
  • Bank BRI 0098-01-002137-30-3

6. Calon Siswa Melakukan Konfirmasi Pembayaran ke AMEL (WA) 081366587025,.

7. Calon Siswa Mengikuti Tes Online disini!

8. Calon Siswa Mendapatkan Surat Hasil Tes Seleksi Melalui Email.

Sekian artikel mengenai Syarat Menjadi AVSEC penerbangan semoga dapat membantu Anda lebih mempersiapkan diri untuk dafat sekolah penerbangan. Dan jika Anda ingin mengikuti pendidikan AVSEC ini bisa ikuti langkah-langkah diatas, Semoga Bermanfaat.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.